Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wacana Sudah Sejak Tahun 2022, Gimana Update BPKB Elektronik?

M. Adam Samudra - Minggu, 5 Mei 2024 | 19:00 WIB
E-BPKB yang akan diperkenalkan oleh Korlantas Polri
Ntmc Polri
E-BPKB yang akan diperkenalkan oleh Korlantas Polri

GridOto.com - Beberapa waktu lalu pihak Korlantas Polri menyiapkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik yang bakal dipasangi oleh Chip.

BPKB Elektronik tersebut nantinya akan berisikan data-data keseluruhan dari sang pemilik.

Namun sejak tahun lalu dikatakan BPKB elektronik bentuknya tetap buku tetapi akan dipasangi chip yang memuat data kendaraan bermotor dan terhubung ke arsip digital.

Chip pada BPKB elektronik pernah dijelaskan memakai teknologi Near Field Communication (NFC) jadi bisa terkoneksi dengan perangkat digital lainnya.

Informasi di dalamnya seperti nama dan alamat pemilik serta identitas kendaraan misalnya merek, model, nomor rangka, pelat nomor dan lain sebagainya bisa diakses cepat sehingga layanan semakin ngebut.

Pada 2023 silam, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan, BPKB elektronik saat itu masih dalam tahap pengembangan dan akan mulai diluncurkan pada tahun 2024 ini.

Baca Juga: Ini Pilihan Motor Bekas Harga Rp 5 Jutaan dengan Surat Lengkap

“Mudah mudahan tahun depan (2024) sudah bisa kita laksanakan. Kemarin sudah kami uji coba di beberapa tempat yang ada perbaikan, karena ini menyangkut dengan digital berkesinambungan,” ujar Yusri dalam rapat Anev Pelayanan BPKB bersama Polda jajaran di Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Bahkan mutasi kendaraan yang biasanya butuh waktu dua pekan atau sebulan bisa dipersingkat menjadi satu hari karena BPKB elektronik.

Bahkan dari pantauan GridOto ketika berkunjung ke Korlantas Polri saat itu kami melihat langsung bentuk dari BPKB Elektronik tersebut.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa